Kadin Sultra Fasilitasi Pedagang Pasar Membuat Perseroan Perorangan

Para pedagang pasar yang menghadiri FGD Kadin Sultra.

Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Sulawesi Tenggara (Sultra) memfasilitasi para pedagang pasar serta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk membuat perseroan perorangan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kapasitas para pedagang dan pelaku UMKM yang ada di Bumi Anoa.

Wakil Ketua Umum Kadin Sultra Sastra Alamsyah, mengatakan bahwa pihaknya terus mendorong para pelaku usaha/pedagang agar makin kuat dan tangguh di era saat ini. Salah satunya dengan memberikan legalitas badan usaha atau perseroan perorangan bagi pedagang.

Bacaan Lainnya

“Jika pedagang Pasar Wayong memiliki badan usaha perseroan perorangan itu akan mempermudah untuk mengembangkan jualan dan usaha mereka,” kata Sastra Alamsyah, pada Sabtu (19/8/2023).

Dia membeberkan bahwa sebagai langkah awal pihaknya bersama Polda Sultra dan Perumda Pasar Kota Kendari telah melakukan pertemuan dengan para pedagang Pasar Wayong melalui Focus Group Discussion (FGD) pada Jum’at malam 19 Agustus 2023 di Pasar Wayong.

“Dalam FGD itu kami kemas ala pasar agar para pedagang lebih mudah memahami apa yang dimaksud dengan pembuatan Perseroan Perorangan,” jelas Sastra.

Sastra menjelaskan bahwa dalam pemberian dokumen pedagang tidak dibebankan biaya. Pedagang akan mendapat perseroan perorangan secara gratis, cukup menyiapkan KTP, NPWP dan Email maka legalitas tersebut sudah dapat diproses.

“Kami akan terus mendorong pelaku usaha pedagang di Pasar Wayong agar makin memiliki nilai tawar dan peningkatan/pengembangan usahanya,” jelas Sastra.

Sementara itu, Direktur Perumda Pasar Kota Kendari Saipuddin menambahkan bahwa dengan adanya pertemuan bersama Kadin dan Polda Sultra tersebut bisa menjadi peluang besar para bagi para pedagang di Pasar Wayong itu untuk meningkatkan usaha mereka.

“Ini peluang besar bagi pedagang Pasar Wayong untuk mengembangkan usaha apa lagi dibantu dan gratis,” sebut Saipuddin.

Senada dengan itu, Kasubdit  Ekonomi Direktorat Intelkam Polda Sultra Rahman Dundu menyampaikan bahwa pihaknya siap membantu ara pedagang tersebut jika mendapatkan hambatan dalam pengurusan perseroan perorangan.

“Kami akan mengawal jika ada hambatan pengurusan dokumen tersebut,” tambahnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *