Bawaslu bakal periksa Pj Bupati Mubar Bahri terkait dugaan kampanye Capres Ganjar

Capture video Pj Bupati Mubar yang diduga kampanyekan Capres RI Ganjar Pranwo.

​​​​​​Video Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar) Dr. Bahri viral di media sosial Tiktok karena diduga mengampanyekan salah satu calon presiden (Capres) Republik Indonesia (RI) Ganjar Pranowo di salah satu kegiatan bersama calon anggota DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra) La Ode Umar Bonte.

Buntut viralnya video tersebut di media sosial, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sultra berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Mubar untuk menjadwalkan pemeriksaan terhadap Bahri.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sultra Bahari saat dihubungi mengatakan bahwa pihaknya telah menagendakan untuk memanggil Bahri dalam rangaka permintaan klarifikasi terkait dengan video dugaan kampanye tersebut.

“Bawaslu Muna Barat, selanjutnya akan mengirimkan surat pemanggilan untuk klatifikasi,” kata Bahari, Senin (13/11/2023).

Dia mengungkapkan, surat panggilan terhadap Bahri dan seluruh pihak yang terkait akan dikirimkan pada Selasa (14/11) sebelum akhirnya akan digelar pleno.

Bahari menyampaikan bahwa pihaknya akan terus memantau seluruh perkembangan terkait dengan proses penelusuran dan pemeriksaan Pj Bupati Mubar terkait video viral tersebut.

“Kami juga meminta hasil perkembangan penelusuran mereka (Bawaslu Muna Barat) untuk dilaporkan ke kami,” ungkap Bahari.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan bersikap secara tegas atas video dugaan kampanye yang dilakukan oleh Pj Bupati Mubar tersebut. Jika ditemukan adanya pelanggaran, pihaknya  akan merekomendasikan untuk penerapan sanksi sesuai hukum dan aturan yang berlaku.

“Dalam prosesnya, Bawaslu juga akan mengikuti alur penanganan kasus sesuai aturan yang ada di dalam Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum RI nomor 7 tahun 2022 tentang penanganan temuan dan laporan pelanggaran pemilihan umum,” tegasnya.

 

Video Viral Pj Bupati Mubar diduga kampanyekan Capres RI Ganjar Pranowo

 

Video Pj Bupati Mubar Bahri diduga mengampanyekan Capres RI Ganjar Pranowo viral di media sosial Tiktok yang dibagikan oleh pemilik akun @peternaksulawesi. Dalam video berdurasi 50 detik itu menujukkan Bahri mengampanyekan Calon Anggota DPD RI Dapil Sultra La Ode Umar Bonte sebagai Ketua Relawan Ganjar Pranowo.

“Ini namanya Pak La Ode Umar Bonte. Beliau calon anggota DPD RI. Ingat masyarakat saya, calon anggota DPD RI dan beliau adalah salah satu tokoh orang Muna yang ada di Jakarta. Dan beliau juga sebagai Ketua Relawan Ganjar. Pro Ganjar, ingat pro Ganjar,” ujar Bahri dalam video tersebut.

Video tersebut menuai polemik dan viral di medsos pada Kamis (9/11). Pasalnya, Bahri adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang saat ini diberikan kepercayaan untuk memimpin Mubar dalam kapasitasnya sebagai Pj. Bupati.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *